Indahnya Hidup Rukun

Sungguh alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun.  Mazmur 133:1.

Hidup bersama tidak berarti tak ada perbedaan. Namun hidup bersama dalam perbedaan dapat menjadi suatu kekuatan bila memiliki tujuan yang sama dan mengerti serta memahami fungsinya masing-masing. Sungguh alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara semua hidup rukun bersama. Nyanyian Daud ini menegaskan bahwa keindahan itu tidak dapat dilihat karena semua sama, tetapi dari berbagai perbedaan yang dipersatukan menjadi satu kesatuan yang  indah.  Kerukunan dapat terjalin dalam berbagai perbedaan bila kita mengerti arti hidup bagi yang lain dan yang lain berarti bagi diri kita sendiri.

Manusia adalah makhluk sosial dimana satu orang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Itulah sebabnya kita tidak bisa menolak perbedaan itu, tetapi kita terima dan nikmati. Kenikmatannya adalah kita bisa saling melengkapi, saling menopang, saling membutuhkan di dalam karunia dan fungsi masing-masing yang dikerjakan demi kepentingan bersama untuk kemuliaan Tuhan.

Rukun, tidak dalam arti sama, tetapi perbedaan yang dapat dipersatukan yang menghasilkan harmoni indah kehidupan yang memberikan kebahagiaan dalam hidup kita baik dalam hubungan suami/istri/keluarga, lingkungan dan sosial masyarakat di mana kita ada. Harmoni kehidupan dapat terwujud bila kita hidup dalam kasih Allah dan mengerti tujuan hidup kita serta memahami peran masing-masing sesuai karunia yang telahTuhan berikan dalam hidup kita dan mengerjakannya demi kepentingan bersama untuk kemuliaanTuhan.

Hidup rukun adalah hidup dalam satu kesatuan yang diikat dalam tali persaudaraan sebagai satu tubuh Kristus dan Kristus sebagai kepala. Dari Kepala akan mengalir berkat yang berkelimpahan. (SAZ)

 

You may also like...