Kebenaran dan Kasih

Siapa mengejar kebenaran dan kasih akan memperoleh kehidupan, kebenaran dan kehormatan.  Amsal 21:21

 

Kehidupan di dunia ini tidak selalu mudah, bahkan seringkali penuh kesukaran. Ada waktunya kita harus membuat keputusan-keputusan penting yang akan mempengaruhi masa depan kita. Ada pula tekanan-tekanan dari luar yang seolah-olah mau menarik kita keluar dari jalur yang benar.

Akan tetapi ayat tersebut di atas menganjurkan kita supaya mengejar kebenaran. Yosua pun diperintahkan agar tidak menyimpang kekanan atau kekiri,  supaya Yosua beruntung kemanapun ia pergi. Tinggal tetap dalam Tuhan, tetap di jalur kebenaran, itulah yang akan menjaga kita dari segala malapetaka,  bahkan kita akan memperoleh kehidupan, kebenaran dan kehormatan.

Bukan cuma mengejar kebenaran, tapi juga kasih. Pada akhir zaman dikatakan kasih akan menjadi tawar. Akan tetapi jangan sampai itu terjadi dalam kehidupan kita, seperti yang terjadi dalam Jemaat di Efesus yang telah meninggalkan kasih yang semula, sehingga kaki dian akan diambil dari padanya.

Kebenaran tanpa kasih hanya akan menjadikan kita orang-orang Farisi, akan tetapi kebenaran bersama kasih akan menjadikan masa depan kita penuh kehormatan.

Marilah kita rajin mengejar kebenaran dengan tekun, menggalinya dalam Firman Tuhan seperti seorang yang mencari mutiara yang indah dalam Matius pasal 13. Juga jangan lupa selalu mengobarkan kasih kepada Tuhan dan kepada sesama.  Jadikan hidup ini indah dan dapatkanlah kehidupan,  kebenaran dan kehormatan. Tuhanmemberkati! (HW)

 

You may also like...