Driven By The Holy Spirit

Tema  Maret : EXPERIENCE OF FAITH

Judul            : DRIVEN BY HOLY SPIRIT

Ayat             : Kisah Para Rasul 2:38, Roma 6:4, Matius 3:16-17,

                       Yohanes 14:25-26, Galatia 5:24-25, Roma 8:14

 

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah (Roma 8:14).

 

Allah yang hidup ingin memimpin dan menuntun kehidupan kita melalui Roh Kudus. Satu-satunya cara agar kita dapat dipimpin oleh Roh Kudus adalah kita harus dilahirkan dari Roh. Dan karya Roh Allah ini disebut sebagai kelahiran kembali atau lahir baru.

 

Ada 3 hal yang terjadi dalam pertobatan seseorang (Kisah Para Rasul 2:38) :

1.    Bertobat.

Keputusan kita untuk meninggalkan pola kehidupan lama yang penuh dosa dan berbalik kepada pola kehidupan yang baru disebut sebagai pertobatan. Pertobatan merupakan bukti nyata dari langkah menerima Yesus sebagai Tuhan. Kekristrenan merupakan perubahan kehidupan yang terjadi karena pertobatan dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan. Perubahan ini dimulai dengan Roh Allah melahirkan kita secara rohani menjadi manusia baru.

2.    Dibaptis.

Orang yang sudah bertobat atau lahir baru menerima baptisan air dengan secara sadar bahwa ia sudah menerima Yesus Kristus secara pribadi sebagai Tuhan. Baptisan air ini merupakan suatu pernyataan iman yang tidak dapat dipisahkan dari langkah pertobatan. Kita sekarang hidup dalam hidup yang baru karena hidup yang lama sudah berlalu (Roma 6:4, Galatia 5:24-25).

3.    Hidup dipenuhi Roh Kudus.

Janji tentang baptisan Roh Kudus hanya berlaku bagi orang yang telah bertobat dan lahir baru. Oleh karena itu syarat untuk menerima baptisan Roh Kudus ialah sudah lahir baru, rindu (haus) untuk menerima Roh Kudus, meminta Roh Kudus dengan iman, dan menerimanya dengan iman.

 

Apabila kerohanian seseorang bertumbuh secara sehat, pastilah ia akan menghasilkan buah kehidupan yang disebut sebagai buah Roh.

Roh Kudus yang dijanjikan Tuhan Yesus itu nyata dan hanya mereka yang mau dipimpin oleh Roh Kudus akan tahu bahwa Roh Kudus itu nyata (Yohanes 14:25-26).

1.    Roh Kudus menghibur.

Roh Kudus menghibur dan memberi kekuatan ketika kita menghadapi rasa takut.

2.    Roh Kudus mengajar segala sesuatu.

3.    Roh Kudus mengingatkan semua yang pernah Allah katakan.

Roh Kudus mengingatkan Firman Tuhan yang pernah kita baca.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

Adalah penting setiap saat untuk hidup kita dipimpin oleh  Roh Kudus. Bagi setiap kita tentunya punya pengalaman hidup dalam pimpinan Roh Kudus di keseharian kita.

Sharingkan pengalaman Anda masing-masing!

[HP]

You may also like...