Because His Love is Great

Tema                  : RENEW ALL MY LIFE   (Memperbaharui Semua Hidupku)

Sub tema          : BECAUSE HIS LOVE IS GREAT

  (KASIH TUHAN BEGITU LUAR BIASA)

Ayat                    : Yohanes 4:10-15 ;   Yohanes 10:10 ;    Mazmur 103:1-5

Kasih karunia Tuhan Yesus yang dialami oleh seorang Perempuan Samaria dalam perikop Yohanes 4:10-15 ini begitu luar biasa. Perjumpaannya dengan Yesus dan percakapan tentang air hidup telah membawa pertobatan dan mengubah hidupnya dan hidup orang-orang Samaria lainnya yang ada di kota itu (karena pemberitaannya).

Ada beberapa hal yang menarik dalam peristiwa ini, yaitu:

  1. Yesus peduli / tertarik dengan kehidupan Perempuan Samaria ini.

Pada jaman itu, orang Yahudi menganggap rendah orang Samaria, dan orang Yahudi  tidak bergaul / menghindar dengan orang Samaria. Namun ada kesengajaan yang dilakukan oleh Yesus untuk memulai percakapan dengannya. Ada sesuatu yang diungkapkan oleh Yesus terhadap kehidupan Perempuan ini meskipun Yesus belum pernah bertemu sebelumnya.

Perempuan Samaria ini percaya bahwa Yesus yang menawarkan air hidup adalah jawaban atas masalah kehidupan yang ia alami selama ini,  sehingga Perempuan Samaria ini pada akhirnya beroleh kasih karunia Tuhan. Sukacita dan kesaksian yang dialaminya juga telah membuat banyak orang Samaria di kota itu menjadi percaya kepada Yesus.

Seperti yang dialami Perempuan Samaria ini, Yesus juga peduli kepada kita semua supaya bisa mengalami pemulihan terhadap masalah dan kekuatiran dalam kehidupan kita.  Yesus datang supaya kita mempunyai hidup dalam segala kelimpahan. (Yohanes 10:10).

  • Ada inisiatif pemulihan / kesembuhan yang datangnya dari Tuhan.

Perempuan Samaria ini telah bertemu dengan Yesus dan mengenalnya sebagai Tuhan yang hidup, yang bercakap-cakap dengannya dan yang mengasihinya. Tuhan membuka diri dengan memberikan kasih karunia untuk membawa pemulihan / kesembuhan bagi Perempuan Samaria karena Tuhan rindu memulihkan hubungan-Nya dengan manusia. Kasih karunia Tuhan telah menolong melepaskan setiap keterikatan yang dialami.

Kasih karunia Tuhan itu begitu luas dan cukup untuk menjangkau setiap pergumulan hidup kita.

  • Ketika setiap hari kita hidup melekat dengan Tuhan, maka akan terjadi perubahan dalam kehidupan kita.

tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” Yohanes 4:14

Membangun hubungan yang akrab dengan Tuhan dengan membaca firman-Nya, merenungkan dan melakukannya adalah sama dengan minum air hidup dari Tuhan setiap hari terus menerus, sehingga akan membawa pembaharuan dalam kehidupan kita.

Kasih karunia-Nya akan kita alami apabila kita terus menerus tinggal melekat erat dengan Tuhan. Kasih karunia memampukan kita untuk hidup berkecukupan.

Pertanyaan dan Aplikasi:

Kasih karunia Tuhan yang sesungguhnya tidak layak untuk kita terima, tetapi pada kenyataannya kita telah menerimanya dan kasih karunia itu cukup bagi kita.

Kalau Anda tahu bahwa kasih karunia Tuhan itu cukup, apakah Anda masih sering mengeluh dengan berbagai masalah hidup?

Apakah Anda sudah merasakan kehidupan yang diubahkan terus menerus setiap hari?  Sharingkan!

HP

You may also like...