Quality Time (Waktu Yang Bermutu)

Tema               : RENEW MY LOVE LANGUAGE

  (MEMPERBAHARUI BAHASA KASIHKU)

Sub tema        : QUALITY TIME

Ayat                : Kejadian 1:16-18; Wahyu 21:23; Mazmur 90:12

Kejadian 1:16-18

Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 

Quality time atau waktu yang berkualitas adalah salah satu dari lima bahasa kasih (menurut teori Dr. Gary Chapman dalam bukunya “The Five Love Language”).

Bahasa kasih sangat penting bagi setiap orang karena melalui bahasa kasih ini seseorang bisa mengetahui apa sesungguhnya yang menjadi keinginan orang yang bersangkutan untuk  dicintai atau mencintai.  Bahasa kasih setiap orang berbeda-beda. Dengan mengetahui bahasa kasih akan membuat hubungan seseorang dengan yang lain menjadi lebih baik dan lebih harmonis.

Selagi kita hidup di dunia masih ada “waktu” , kita harus memanfaatkan “waktu” ini  sebaik-baiknya dan meggunakannya dengan berkualitas.  Jika kita menganggap sesuatu adalah penting, maka pasti kita akan memprioritaskannya.  Pasti akan ada alokasi waktu yang baik dan berkualitas untuknya.  Sediakanlah waktu untuk Tuhan, keluarga, studi, pekerjaan dengan alokasi waktu yang berkualitas, dan bukan memberikan waktu yang tersisa. Sebagai contoh, keharmonisan keluarga akan terwujud  jika kita menganggap keluarga adalah prioritas dalam hidup kita.

Dalam kehidupan, setiap manusia memiliki sisi yang disebut tanki cinta.  Apabila suami – istri atau orang tua dengan anak selalu mau mencoba untuk saling mengerti kehendak masing-masing, saling memberi bahasa kasih, maka tanki cinta mereka selalu terawat dan penuh. Ibarat kebun/taman, rumah tangga juga perlu dirawat supaya semakin bahagia.

Keintiman dengan Tuhan juga memerlukan alokasi waktu yang terbaik dan secara khusus, yang mana harus memberikan perhatian sepenuhnya kepada Tuhan dan selalu mencoba untuk mengerti kehendak Tuhan. Tuhan memberikan waktu kepada kita untuk dipakai dengan hal-hal yang berkualitas, jangan sia-siakan. Menjenguk dan mendoakan orang sakit adalah salah satu bentuk kegiatan menggunakan waktu yang berkualitas. Manfaatkan waktu dengan baik di dunia ini untuk tujuan kekekalan nanti, bukan apa yang terlihat di masa sekarang.

Pertanyaan dan Aplikasi

Dengan menilai waktu yang Anda luangkan unuk bersekutu dengan Allah setiap hari, Anda akan tahu seberapa penting Allah menjadi sahabat Anda, dan seberapa akrab Anda dengan Dia.

  1. Berapa banyak waktu yang Anda luangkan di dalam persekutuan dengan Tuhan hari-hari yang lalu? Atau bahkan hari ini?
  2. Sudahkan Anda meluangkan waktu yang berkualitas bagi orang-orang  disekitar Anda?

Sharingkan!

HP

You may also like...