Because His Promises

Tema               : RENEW ALL MY LIFE   (Memperbaharui Semua Hidupku)

Sub tema        : BECAUSE HIS PROMISES

Karena janji-Nya, maka Tuhan rela memberikan hidup-Nya agar kita mengalami pembaharuan hidup di dalam Dia. Oleh karenanya kita harus menghargai dan menghidupi karya penebusan Yesus itu melalui kehidupan kita sehari-hari. (Filipi 2:12). Dalam hal ini, kita harus menghidupi dengan berusaha sebaik-baiknya seperti doa Musa yang dicatat dalam Mazmur 90:12 “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana”. Tuhan ingin supaya kita menghargai hari-hari yang kita jalani dengan bekerja sebaik-baiknya untuk menjadi berkat dan memuliakan nama Tuhan. (Filipi 1:21-22).

Tuhan menghendaki supaya kita hidup dalam tiga dimensi yaitu:

  1. Impact (hidup memberi dampak positif). Matius 5:13

Hidup yang sudah diperbaharui akan membuat seseorang menjadi garam dunia dan terang dunia. Tuhan menginginkan setiap kita memiliki kehidupan yang berdampak melalui teladan hidup yang positif dan menjadi berkat bagi orang lain. Tentang  Zakheus kepala pemungut cukai (setelah perjumpaannya dengan Yesus), ia berubah menjadi murah hati, memiliki karakter baik yang tampak nyata dalam perkataan dan perbuatan. Keberadaan kita sebagai orang percaya di tengah dunia ini adalah sebagai surat Kristus yang terbuka, yang dapat dibaca dan dilihat oleh semua orang. (Contoh: Wayne Alderson seorang yang cinta Tuhan / konsultan bisnis yang mengubah perilaku karyawan Pittron Steel yang suka demo, sekarang menjadi karyawan yang baik melalui ibadah mingguan yang diadakan di pabrik).

  • Significant (hidup secara signifikan). Matius 5:15

Hidup kita harus berarti sehingga orang mau mendengar suara kita. (jangan menaruh pelita di bawah gantang melainkan di atas kaki dian). Jujur dan tulus adalah ciri-ciri hidup signifikan.

  • Glorify God (hidup memuliakan Tuhan). Matius 5:16

Menjadi pengelola / pengurus yang setia untuk semua apa yang Tuhan percayakan kepada kita adalah salah satu cara untuk memuliakan Tuhan.

Pertanyaan dan Aplikasi:

  1. Zakheus kepala pemungut cukai, mencari Tuhan lebih sungguh-sungguh dari pada orang lain. Bartimeus seorang buta, berseru lebih keras kepada Yesus meskipun disuruh berhenti oleh murid Yesus.

Yesus melihat iman mereka dari seberapa kerasnya usaha mereka. Dan sebagai akibatnya Zakheus mengalami pemulihan serta Bartimeus mengalami kesembuhan.

Seberapa besar kegigihan Anda untuk berusaha hidup benar di hadapan Tuhan?

  • Hidup yang memberi dampak positif dapat dimulai dari sekarang dengan melakukan hal-hal yang kecil dan sederhana. Sudahkah hidup Anda memberikan dampak positif bagi lingkungan?

HP

You may also like...