Freedom from the Wrong Life Path

Tema Bulan Agustus      : Freedom (Kemerdekaan)

Sub Tema                            : Freedom from wrong life path

Ayat                                        : Efesus 2:8, Roma 6:17-18, 1 Petrus 1:18, Yoh 8:31

 

Kemerdekaan merupakan titik moment dimana orang mengalami perubahan, dari hidup yang berantakan menjadi bermakna.  Tetapi banyak orang Kristen merasa bahwa dialah yang harus berjuang untuk merdeka.  Kemerdekaan adalah Karya Tuhan bagi hidup kita. Tuhan yang memerdekakan dan menebus kita dari dosa dan cara hidup yang sia-sia.

Hidup sia-sia adalah Hidup dengan kebodohan, hidup dengan kemabukan/hawa nafsu dan hidup di luar kebenaran.

 

Sebagai contoh, ketika deklarasi emansipasi yang ditulis oleh Presiden Amerika Abraham Lincoln (1863) dikeluarkan, yaitu untuk menghapuskan perbudakan bagi orang kulit hitam, bukan berarti perbudakan langsung berhenti, tapi sebuah proses panjang.  Kenapa?

  1. Karena tidak tahu dan tidak mau tahu.

Yohanes 8:31 – Firman yang diketahuilah yang memerdekakan. Ketidaktahuan itu yang membelenggu hidup kita. Itu sebabnya kita perlu mengetahui kebenaran, yaitu dengan membaca Firman-Nya setiap hari. Ketika kita tahu kita sudah dimerdekakan, maka hiduplah dan bertindaklah sebagai orang merdeka.

  1. Karena tidak berani.

Ketidakberaniannya disebabkan karena takut untuk mengklaim kemerdekaan yang sudah diperoleh dan juga ketakutan menghadapi proses.

  1. Tidak berharap.

Sudah merasa nyaman dengan keadaannya sehingga tidak berharap.  Pengharapan adalah sauh yang kuat dan aman bagi hidup kita.

Pengharapan akan membawa kita sampai kepada rencana Tuhan yang sempurna, yaitu menjadi serupa dan segambar dengan Kristus.

Bedanya orang yang berangan-angan dan orang yang punya pengharapan adalah: Orang yang berangan-angan tidak pernah bertindak, hanya berandai-andai saja.  Tapi kalau orang yang punya pengharapan akan bertindak untuk mencapai harapannya.

Orang yang punya pengharapan tidak menuntut orang untuk mengerti kita, tidak akan pernah menurunkan standart.

Mujizat terbesar adalah bukan pada saat kita meraih harapan kita, tapi pada saat proses ketika mencapai harapan tersebut.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

  1. Ketidaktahuan dan ketidakberanian kita untuk hidup didalam kebenaran yang sering menghambat kita untuk bisa hidup merdeka didalam Tuhan. Hal-hal apa saja yang masih menjadi penghalang bagi saudara untuk menghidupi kebenaran tersebut?
  2. Untuk mencapai pengharapan kita di dalam Tuhan ada sebuah proses yang pada akhirnya akan membuat kita mengalami perubahan. Bagikan pengalaman saudara dalam meresponi dan bertindak selama proses itu berlangsung sehingga Saudara mengerti dan menjadi dewasa di dalam Kristus.

You may also like...