Baptis Api

“…Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.” (Mat.3:11)

Baptisan adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari iman kita kepada Tuhan Yesus Kristus. Salah satu tanda kita percaya kepadaNya kita mengambil komitmen untuk dibaptis. Ini dilaksanakan dalam bentuk baptisan yang pertama, yaitu baptisan air. Baptisan kedua adalah baptisan Roh Kudus, sebagai suatu pintu agar hidup kita terus menerus dapat dipenuhi oleh Roh Kudus. Akibatnya kita dapat semakin intim dengan Tuhan yang adalah Roh adanya.

Baptisan yang ke tiga adalah Baptis Api. Baptisan Roh Kudus dan baptisan api yang melakukan Tuhan Yesus sendiri. Tujuan baptisan api adalah untuk memurnikan iman orang-orang percaya. Iman kita seperti emas. Tuhan ingin emas itu adalah yang sunggu-sungguh murni. Untuk mendapatkan emas yang murni harus di bakar dalam api.

Iman yang murnilah yang dapat menghasilkan buah Roh. Pada tahap ini orang beriman mengalami banyak pembaharuan pribadinya, sehingga semakin besar kasihnya kepada orang lain. Ia semakin murah hati, ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.  Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidak adilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, dan sabar menanggung segala sesuatu, seperti yang dinyatakan 1 Kor.13:4-7.

Jika Tuhan sedang memurnikan iman kita, bersyukurlah, baptisan kita jadi lengkap. (YP)

You may also like...