Giving Without Worrying

Tema September : RENEW MY ATTITUDE   Sub Tema   : GIVING WITHOUT WORRYING     (MEMBERI TANPA KERAGUAN) 

Kebiaasaan memberi akan mengajar seseorang untuk berbelaskasihan, murah hati dan tidak egois, meskipun motivasi dan pengalaman setiap orang dalam memberi berbeda-beda. Kepercayaan dan relasi yang erat dengan Tuhan membuat seseorang memiliki sikap hati yang mau memberi tanpa keraguan (giving without worrying). Oleh karena itu kita harus menjalin hubungan yang erat dengan Tuhan  lewat pengalaman yang nyata supaya sampai pada suatu tingkat dimana ada keyakinan bahwa Tuhan itu sangat mengasihi kita dan akan memelihara serta memperhatikan, sehingga kita tidak perlu khawatir.   Beberapa hal yang perlu diketahui agar kita memiliki sikap hati yang benar di hadapan Tuhan dalam hal memberi:

1. Pemberian yang dilakukan di kedalaman hati (di tempat tersembunyi), maksudnya miliki sikap hati hanya diri sendiri dan Tuhan saja yang tahu. Oleh karenanya hindari sikap hati meninggikan diri atau pamer dalam hal memberi. Tuhan berkenan dengan pemberian yang dilakukan dari kedalaman hati yang benar (Matius 6:3-4).

2. Memberi dengan sikap hati yang benar, yaitu dengan menyadari bahwa semua yang kita miliki adalah karunia Tuhan. Kehidupan yang kita alami saat ini adalah karena karya penebusan oleh Yesus. Dengan demikian apabila kita bisa memberi itupun sebuah anugerah dari Tuhan (Yohanes 3:27). 

3. Memberi dengan kerendahan hati, yaitu dengan sikap hati yang mencintai Tuhan dan penuh pengorbanan, karena Tuhan memperhitungkan sikap hati dalam memberi seberapapun nilainya (Lukas 21:1-4).  

Pertanyaan dan aplikasi:

Meskipun tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, namun sebagai orang Kristen kita yakin bahwa Tuhan lah yang mengendalikan masa depan. Dan giving without worrying adalah salah satu refleksi dari iman percaya ini. Waspada (watchful) boleh, khawatir (worry) jangan. Sharingkan!  

 

 

You may also like...